SEJARAH BAGINDA MUHAMMAD SAW

SEJARAH BAGINDA MUHAMMAD SAW
Keajaiban-keajaiban sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW

Sebelum Nabi Muhammad SAW dilahirkan di dunia, ada beberapa keajaiban yang sangat menakjubkan dan sangat hebat ketika menjelang kelahiran Nabi.
Keajaiban-kejaiban tersebut adalah :
1. Pada malam kelahiran Nabi Muhammad SAW, Istana kerajaan Kisro bergetar dan robohlah 14 tembok terasa kerajaan Kis
ro’. Padahal kerajaan kisro’ adalah kerajaan terbesar di Mekkah.
2. Telaga atau Danau Sawwad tiba-tiba meluap airnya dan kering seketika ketika menjelang kelahiran Nabi Muhammad SAW. Padahal air telaga tersebut dianggap bertuah dan disucikan oleh masyarakat sekitar.
3. Api obor (Api Abadi) yang berada di Persia, tiba-tiba padam. Padahal api tersebut tidak pernah padam selama 1000 tahun, dan api tersebut juga disembah oleh orang-orang yang beragama Majushi atau Zoroaste, yaitu agama resmi di Negara Persia.
4. Mubadzan bermimpi melihat unta-unta kuat menggiring kuda-kuda Arab menyebrangi sungai Dajlah dan memnuhi negrinya.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW lahir dari keluarga sederhana dan dalam keadaan yatim.
Nabi ditinggal oleh bapaknya yang bernama Abdullah bin Abdul Mutholib ketika nabi masih dalam kandungan ibunya yang bernama Siti Aminah, ketika nabi berusia 7 bulan sebelum lahir atau singkatnya masih berusia kurang lebih 2 bulan dalam kandunga Ibu Siti Aminah.
Nabi Muhammad SAW lahir tepat pada hari isnain tanggal 12 Robbiul Awal tahun Gajah, yang bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi di Mekkah.
Lebih detailnya Nabi Muhammad Lahir pada waktu Fubailal Fajri yang berarti sebelum terbit fajar namun kurang sedikit, atau singkatnya hampir terbit fajar sebelum fajar hari senin.
Di tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, dulu dibangun sebuah masjid oleh Al-khoizaroh.
Alkhoizaroh adalah ibu dari khalifah Harun Ar-Rosyid. Masjid tersebut dibangun pada dinasti Abbasyiah, kemudian masjid tersebut dihancurkan dan dibangun menjadi sebuah perpustakaan oleh Syekh Abbas Al Qattan pada tahun 1370 Hijriyah/ 1950 Masehi yang letaknya disebelah Timur halaman Masjidil Haram dan perpustakaan tersebut diberi nama Maktabah Makkah Al-Mukarromah yang artinya Perpustakaan Mekkah Mukarromah.
Pada waktu itu tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW bernama lembah Abu Tholib karena pada waktu itu menjadi kawasan tempat tinggal untuk Bani Hasyim.
Kelahiran Nabi Muhammad SAW berbeda dengan kelahiran bayi-bayi yang lain (Aneh dari yang lain), ada beberapa keanehan yang sangat berbeda ketika Nabi Lahir, yaitu :
1. Sang jaban bayi lahir dengan kedua telapak tangannya langsung menapak diatas tanah (lantai) layaknya orang yang sedang bersujud ketika sholat, namun bagian kepalanya menghadap keatas menatap kearah langit.
2. Beliau lahir sudah dalam keadaan putus ari-arinya, sudah berkhitan, bersih dari darah atau air baunya wangi dan kedua matanya sudah Makhulam (Cela’an).

Sebab dinamakan tahun Gajah

Pada tahun itu kota Mekkah diserang oleh pasukan tentara orang Nasrani yang kuat dibawah pimpinan Raja Abrahah.
Raja Abrahah adalah seorang Gubernur dari kerajaan Nasrani Abbessinia yang memerintah wilayah Yaman. Mereka bermaksud untuk menghancurkan Ka’bah, dan mereka juga mengendarai Gajah. Namun sebelum merekan sampai tujuan yaitu Mekkah, mereka sudah dihancurkan terlebih dahulu oleh Allah SWT dengan mengutus burung Ababil yang membawa batu-batu dari Neraka.
Tujuan mereka menghancurkan Ka’bah adalah karena dia Iri dan Dengki melihatorang-orang pergi Haji ke Ka’bahyang berada di Mekkah. Sebelumnya dia juga membangun sebuah Gereja di San’a untuk mengalihkan perhatian orang-orang yang pergi Haji agar tidak pergi ke Mekkah tapi ke San’a. Atas dasar itulah dia (Raja Abrahah) ingin menghancurkan Ka’bah.
Kota Mekkah sebelumnya bernama Bakkatun kemudian diganti menjadi Mekkah karena merupakan tanah suci (Tanah Haram Mekkah), karena barang siapa berbuat kedzaliman didalamnya maka orang tersebut akan mendapat adzab atau balasan yang sangat pedih secara langsung.

Sebab dinamakan tahun Amul Khusni (Tahun kesedihan)

Tahun Amul khusni atau tahun kesedihan juga dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
Pada saat itu Nabi Muhammad SAW ditinggal oleh istrinya yang dicintainya yaitu Ibu Siti Khotidjah, Ibu situ khotidjah adalah seorang istri yang sangat setia dan berwibawa, beliau selalu mendampingi Nabi Muhammad SAW dalam keadaan apapun baik suka maupun duka.
Tak lama kemudian, kurang lebih 1 bulan setelah meninggalnya Ibu Siti Khotidjah, Meninggalah paman Nabi yang bernama Abu Tholib. Abu Tholib adalah paman Nabi yang sangat gigih dalam perjuangan, beliau selalu melindungi Nabi Muhammad SAW dari berbagai ancaman dan kejahatan orang-orang kafir Qurays.
Maka dari itulah dinamakan tahun Amul Khusni atau tahun kesedihan.

Yang memberi nama Muhammad

Nama yang sangat indah itu adalah pemberian dari kakeknya yang bernama Abdul Mutholib. Atas dasar ilham dari Allah SWT pada hari ke-7 kelahirannya. Adapun sebab dinamakan Muhammad adalah agar anak tersebut kelak menjadi orang yang sangat terpuji baik dilangit maupun di Bumi.
Adapun hadisnya, yang artinya :
Sesungguhnya dikatakan kepada kakek Nabi Muhammad SAW yang bernama Abdul Mutholib, “kenapa kamu memberi nama anakmu Muhammad, padahal nama itu tidak ada pada anak-anakmu dan kaummu?”
Abdullah menjawab “ saya berharap agar anak tersebut dipuji di langit dan di bumi”.
Yang menyusui Nabi Muhammad SAW

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH BAGINDA MUHAMMAD SAW"

Posting Komentar